Translate

Halaman

Selasa, 18 Desember 2012

Fungsi Instrumentasi pada proses industri


Fungsi Instrumentasi pada proses industri dapat diklasifikasikan ke dalam empat golongan yaitu:
§      Alat Ukur (Measurement)
§      Alat Kontrol (Control)
§      Alat Pengaman (Safety)
§      Alat Analisa (Analyze)


3.2.1 Instrumentasi sebagai alat ukur (Measurement)
Instrumentasi mendeteksi dan memberikan informasi tentang besarnya nilai proses variabel yang diukur dari suatu proses industri misalnya: tekanan, suhu, jumlah aliran, tinggi permukaan cairan dan lain sebagainya sehingga dapat dipahami (mempunyai informasi) oleh pengamat.


3.2.2 Instrumentasi sebagai alat pengendalian (Control)
Instrumentasi sebagai alat kontrol, yaitu alat yang berfungsi untuk mengendalikan jalannya proses, agar variabel proses yang sedang diukur dapat diatur dan dikendaliakan tetap pada nilai yang ditentukan.
3.2.3 Instrumentasi sebagai alat pengaman (Safety)
Instrumentasi sebagai alat untuk memberikan tanda bahaya atau tanda gangguan apabila terjadi trouble atau kondisi yang tidak normal yang diakibatkan oleh tidak berfungsinya suatu paralatan pada suatu proses, serta berfungsi untuk mengtripkan suatu proses apabila gangguan tersebut tidak teratasi dalam waktu tertentu.
3.2.4 Instrumentasi sebagai alat analisa (Analyzer)
Instrumentasi yang berfungsi sebagai alat untuk menganalisa produk yang dikelola, apakah sudah memenuhi spesifikasi seperti yang diinginkan sesuai dengan standard, mengetahui polusi dari hasil produksi yang diproses agar tidak membahayakan dan merusak lingkungan 8:20)

1 komentar:

menarik sekali blognya Pak Hasan.. menambah pengetahuan saya mengenai fungsi instrumentasi pada proses.
apakah Bapak mempunyai buku atau jurnal mengenai analyzer?? jika ada, boleh tau judul atau pengarangnya? krn saya ingin mendalami.

salam
R. Edwin S.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More