Translate

Halaman

Selasa, 18 Desember 2012

Jenis Pengendalian

Jenis Sistem Pengendalian 

Setiap proses selalu mempunyai suatu ”keadaan yang diinginkan” (Set Point) dan suatu keadaan yang sedang berlangsung ”Besaran proses”. Supaya ”keadaan yang sedang berlangsung” selalu sama dengan ”keadaan yang diinginkan” maka pengendalian harus dilakukan. Untuk itu diperlukan alat instrumentasi. 

Pengendalian dapat dilakukan oleh tangan manusia dan dapat juga dilakukan oleh alat-alat yang bekerja sendiri (Automatic). Pengendalian yang dilakukan oleh tangan manusia dapat dikategorikan sebagai ”Hand atau Manual Control”. Sedangkan pengendalian yang dilakukan oleh peralatan otomatis dapat dikategorikan ”Automatic Control” 7:97) 

1.Pengendalian oleh manusia (Manual Control) 

Pada pengendalian secara manual memanfaatkan ketelitian dari operator untuk mengendalikan suatu besaran proses. Jika harga proses tidak sesuai dengan yang dikehendaki oleh operator, maka operator tersebut akan melakukan Adjustment sebagai koreksi terhadap besaran proses tersebut sampai proses berjalan stabil dan hal ini dilakukan berulang-ulang selama kondisi proses tidak sesuai dengan yang dikehendaki oleh operator. 




2. Pengendalian Otomatis (Automatic Control) 

Pada pinsipnya pengendalian otomatis sama dengan pengendalian manual. Pada pengendalian otomatis, peranan dari operator diganti oleh suatu alat yang disebut pengendali (Controller). Jadi yang bertugas menambah dan mengurangi bukaan valve didak lagi dikerjakan oleh operator tetapi atas perintah Controller, opertor hanya bertugas memberikan harga set point ke controller, oleh karena itu pengendalian otomatis pada valve harus dilengkapi dengan actuator sehingga unit valve tersebut disebut dengan Control Valve. Apabila terjadi ketidaksesuaian pada harga yang diberikan operator terhadap controller (SV), maka harus memerintah controller untuk membuka atau menutup sesuai dengan kondisi operasi yang sedang berjalan.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More